Senin, 15 September 2008

LISAN

“Allah tidak suka kepada orang yang kalau berbicara tidak mau kalah (hanya mau menang sendiri). Orang seperti ini bagaikan sapi di tempat penggembalaannya. Demikianlah Allah memasukkan lidah (LISAN) dan muka (wajah) mereka kedalam neraka.”

Hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Thabrani itu memperingatkan agar kita menjaga LISAN dan muka kita dari api neraka, khususnya pada saat kita menjalankan ibadah puasa pada Ramadhan ini.

Salah satu LISAN/ perkataan yang menyakitkan hati adalah ber ghibah (bergunjing/ menceritakan aib orang lain).

Nabi Muhammad SAW berkata : “Duduk di masjid sambil menanti waktu shalat adalah ibadah selama tidak ada pembicaraan. Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan “ selama tidak ada pembicaraan” ? para sahabat bertanya. Berghibah , Nabi menjawab dengan singkat.”

Karena itu berghibah termasuk dosa , perbuatan tercela, dan tidak terpuji. Pertengkaran, percekcokan kebencian, dendam, perselisihan dan persengketaan merupakan dampak negative dari ketidakmampuan kita mengendalikan LISAN, yang menjadi sumbernya adalah ; ghibah.

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Sesungguhnya seseorang yang mengucapkan kata-kata, ia tidak mengatakannya kecuali hanya untuk menarik orang lain di hadapannya agar mereka tertawa/ menyanjungnya , maka ia meluncur kepada kehinaan lebih jauh dari pada jarak bumi dan langit. Dan sesungguhnya lidah seseorang yang tercelincir tersebut lebih berbahaya dari pada tergelincirnya kaki.”

Puasa yang dijalan kan dengan sungguh-sungguh mencegah untuk kita melakukan penyebaran aib orang laindan perkataan lain yang dapat menyakitkan orang lain.

Alangkah baiknya LISAN kita tersebut diperbanyak dengan melakukan dzikir Allah atau mengingat Allah SWT. Baik itu di bulan Ramadhan dan maupun kapan dan dimanapun. Zikir sebagai nyanyian religi kepada Allah SWT merupakan tujuan daripada ibadah. Memperbanyak zikir dapat mengantar kita untuk meningkatkan bobot keislaman, keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Zikir merupakan ibadah yang sangat ampuh untuk mencegah LISAN dari perkataan menyakitkan.


Azyumardi Azra

1 komentar:

PERASZ mengatakan...

tante lilis.. hohohoho

ih2, azyumardi azra itu kan rektor di kampus ku sebelum ganti yang baru ini. hohoho